Monday, November 16, 2020

Langkah Membuat Budget Biaya Administrasi

 Mengenal Budget Biaya Administrasi

Menurut Munandar (2003, hal 187) pengertian anggaran biaya administrasi adalah Anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang biaya yang terjadi serta biaya lain yang sifatnya untuk keperluan secara keseluruhan, yang di dalamnya meliputi rencana tentang jenis biaya administrasi, jumlah biaya administrasi, dan waktu (kapan) biaya administrasi tersebut terjadi dan dibebankan, yang masing-masing dikaitkan dengan tempat (departemen) dimana biaya administrasi tersebut terjadi. Anggaran biaya umum adalah anggaran yang berisi semua biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk direksi dan stafnya, bagian keuangan dan bagian administrasi.

Anggaran administrasi yaitu anggaran yang berisi biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk kegiatan-kegiatan  yang menunjang usaha perusahaan diluar kegiatan pabrik. Anggaran biaya administrasi merupakan anggaran yang disusun secara terperinci tentang besarnya biaya administrasi perusahaan dan biaya-biaya lain untuk keperluan secara keseluruhan dari perusahaan.

Dalam penyusunan anggaran biaya administrasi ada beberapa faktor yang mempengaruhi penyusunan anggaran biaya administrasi antara lain :

1.      Anggaran penjualan

2.      Anggaran unit yang diproduksikan

3.      Berbagai standar yang telah ditetapkan perusahaan

4.      System pembayaran upah (gaji)

5.      Metode depresiasi

6.      Metode alokasi biaya

Sangat penting mengetahui faktor yang mempengaruhi penyusunan anggaran agar bisa meminimalisir resiko yang mungkin terjadi. Berikut adalah faktor yang mempengaruhi penyusunan anggaran:

1.      Faktor internal :

·         Data penjualan pada tahun-tahun yang lalu;

·         Kebijaksanaan perusahaan yang berhubungan dengan masalah harga jual, syarat pembayaran yang dijual, dan sebagainya.

·         Kapasitas produksi yang dimiliki perusahaan

·         Tenaga kerja, modal kerja dan fasilitas-fasilitas yang dimiliki perusahaan

2.      Faktor eksternal

·              Keadaan persaingan

·              Tingkat pertumbuhan penduduk

·              Tingkat penghasilan masyarakat

 

Langkah-langkah dalam rangka penyusunan standar biaya administrasi dan umum adalah sebagai berikut:

1.      Observasi dan analisa pendahuluan

Langkah ini penting di dalam memastikan semua masalah yang harus diketahui, dan memilih luasnya kegiatan yang dapat distandarisasi serta untuk membantu mengeliminasi kelemahan-kelemahan yang sifatnya routine.

2.      Memilih fungsi atau kegiatan yang disusun standarnya

Standar biaya administrasi dan umum hanya dapat disusun untuk fungsi atau kegiatan yang presentasinya dapat diukur secara pasti, dalam bentuk satuan standar pengukur.

3.      Penentuan satuan standar pengukur kegiatan

Satuan standar pengukur untuk suatu bagian atas sub-bagian kegiatan administrasi umum tergantung kepada kegiatan khusus yang dilaksanakan oleh bagian yang bersangkutan, sehingga dapat dipakai alat mengukut prestasi.

4.      Menentukan metode dan perhitungan dasar

Penelitian gerak dan waktu hanya dilakukan terhadap bagian atau sub-bagian dari fungsi administrasi dan umum ynag dapat disusun standarnya. Atas dasar penelitian gerak dan waktu tersebut disusun anggaran biaya dan dihitung besarnya biaya standar.

5.      Testing atas biaya standar

Setelah biaya standar dihitung, maka standar tersebut harus dites lebih dahulu untuk mengetahui apakah praktis dipakai.

6.      Aplikasi akhir

Dalam aplikasi akhir dari standar memerlukan penjelasan dan keikutseraan para pelaksana, sesuai dengan tanggungjawab atas pekerjaannya masing-masing, karena yang akan diukur prestasinya adalah para pelaksana tersebut.

Contoh Soal Budget Biaya Administrasi dan Umum Klik Link berikut :

Soal Budget Biaya Administrasi

Tugas  Mahasiswa :

Buatlah Contoh Anggaran Budget Biaya Administrasi secara berkelompok maksimal 6 Mahasiswa, buat dalam bentuk pdf dengan waktu pengerjaaan maksimal 1 minggu. (Tidak boleh sama persis dengan kelompok lainnya dalam satu kelas.

No comments:

Post a Comment